Pertemuan Perdana Sanata Dharma Open Source Angkatan 2014

pertemuanperdana

1 September 2014, Komunitas Sanata Dhama Open Source (SaOS) menyelenggarakan sebuah acara pertemuan perdana yang diperuntukkan bagi angkatan 2014 SaOS. Acara tersebut dimulai pada pukul 17.00 WIB di depan Laboratorium Jaringan Komputer. Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa baru yang kebetulan semua pesertanya dari program pendidikan Teknik Informatika. Yang realitanya, SaOS sendiri sangat terbuka untuk menerima mahasiswa dari program pendidikan lain.

Agenda-agenda yang dibahas yakni jadwal belajar bareng SaOS, silabus pembelajaran SaOS, dan Planning kedepan. Engel menjelaskan bahwa di SaOS member baru tidak selalu mendapatkan materi dari pengajar tetapi sebaliknya teman-teman angkatan baru juga diberikan kesempatan untuk mengajar angkatan SaOS yang lama. “Karena kita bersifat open, saya maunya temen-temen angkatan baru juga memberi feedback kepada kami, kalau ada materi yang menarik untuk diajar tidak ada salahnya untuk dibagikan ke yang lainnya”, tuturnya.

Pak Agung selaku kepala Laboratorium Jaringan Komputer yang juga merupakan pembimbing komunitas SaOS merekomendasikan ruangan Laboratorium Jaringan Komputer sebagai tempat belajar komunitas SaOS. Dan akhirnya keputusan final keluar, Belajar bareng perdana dilaksanakan pada tanggal 8 September 2014, jam 16.00-18.00 WIB. Sedangkan untuk silabus pembelajaran, SaOS masih menggunakan silabus lama namun akan menyesuaikan dengan materi yang diminta dari rekan-rekan member baru SaOS. Rencananya pada semester ganjil, SaOS akan mengenalkan dunia Open Source dan dasar-dasar dari sistem Linux. Sedangkan untuk semester genap, SaOS akan mulai mengenalkan penggunaan lanjut dari aplikasi pada sistem operasi Linux.

Selanjutnya Engel membicarakan mengenai rencana kedepan dari SaOS yakni proyek dan seminar yang rencananya dalam semester ini akan mulai dilaksanakan. Selain itu, SaOS yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Iinformasi (HMJTI USD) ini merencanakan juga ikut dalam program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan dari pihak HMJTI sendiri. “Saya inginkan, SaOS nantinya akan mampu mengabdikan diri ditengah masyarakat”, ucapnya. (RAIKEIJI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>