Fedora 22 Keyboard Shortcut

Jika Anda setelah menginstall Linux Fedora 22, maka Terminal Console Anda tidak memiliki keyboard shortcut sehingga apabila Anda menekan tombol Ctrl + Alt + T, window Terminal Console tidak akan terbuka. Oleh karena itu, Saya akan share cara memasang shortcut untuk menampilkan Terminal Console.

Pertama, buka GNOME Settings Anda. Klik pada icon “Keyboard”. Setelah itu klik pada menu Shortcut. Klik pada “Custom Shortcuts”. Klik tanda tambah. Pada textfield Name, isikan “Terminal Console” [tanpa tanda kutip] (pada isian ini Anda dapat mengisikan apapun yang Anda inginkan. Hanya saja Saya mengisikan Terminal Console agar jelas dan tidak ambigu). Pada command isikan “gnome-terminal” (tanpa tanda kutip). Setelah itu tekan tombol “Add”.

shortcut01

Sekarang klik pada tulisan “Disabled” dan tekan tombol shortcut yang Anda inginkan. Secara default, Terminal Console memiliki shortcut pada Ctrl + Alt + T. Anda dapat memodifikasinya sesuai keinginan hati. Sekarang Terminal Console Anda sudah dapat diakses dengan menggunakan shortcut.

shortcut02

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>