Fedora 22 Keyboard Shortcut

Jika Anda setelah menginstall Linux Fedora 22, maka Terminal Console Anda tidak memiliki keyboard shortcut sehingga apabila Anda menekan tombol Ctrl + Alt + T, window Terminal Console tidak akan terbuka. Oleh karena itu, Saya akan share cara memasang shortcut untuk menampilkan Terminal Console.

Pertama, buka GNOME Settings Anda.┬áKlik pada icon “Keyboard”. Setelah itu klik pada menu Shortcut. Klik pada “Custom Shortcuts”. Klik tanda tambah. Pada textfield Name, isikan “Terminal Console” [tanpa tanda kutip] (pada isian ini Anda dapat mengisikan apapun yang Anda inginkan. Hanya saja Saya mengisikan Terminal Console agar jelas dan tidak ambigu). Pada command isikan “gnome-terminal” (tanpa tanda kutip). Setelah itu tekan tombol “Add”.

shortcut01

Sekarang klik pada tulisan “Disabled” dan tekan tombol shortcut yang Anda inginkan. Secara default, Terminal Console memiliki shortcut pada Ctrl + Alt + T. Anda dapat memodifikasinya sesuai keinginan hati. Sekarang Terminal Console Anda sudah dapat diakses dengan menggunakan shortcut.

shortcut02

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>